“Mendewakan” Macintosh?

Pagi ini saya baru membaca suatu artikel di wired.com mengenai Steve Jobs dan Bill Gates. Steve Jobs ini adalah iCon dari Macintosh sendiri. Penulis artikel tersebut membadingkan Jobs dan Gates dari sisi Sosial dan Politik, sejauh mana kedua orang tersebut menyumbangkan hartanya ke masyarakat.
Saya sendiri ternyata baru tahu bahwa mungkin kenyataannnya memang seperti itu (isi dari artikel). Walaupun saya sudah mengetehui bahwa Gates adalah penyumbang terbesar di dunia. Ternyata, ada orang yang berkomentar dan memberikan link ini. Situs tersebut membuka mata saya kembali mengenai Operating System yang selalu berseteru ini. Bahkan hingga penggunanya pun saling melecehkan satu sama lain. Hahaha..aneh memang.

Windows terkenal dengan blue screen lah, bervirus lah, dan lain-lain. Lalu mereka mendewakan Mac OS adalah operasi yang tangguh, handal, tidak hang. Lalu bagaiamana dengan Kernel Panic? Apakah akan dilupakan begitu saja? :p Kelemahan windows tersebut memang tidak dapat dipungkiri, tapi mereka lupa bahwa MacOS ini berbasis UNIX. Jadi sekarang ini hanya terdapat dua ‘kiblat’ besar sistem operasi UNIX dan Bukan UNIX (Windows).

Pada era tahun 90-an atau 80-an, memang MacOS merupakan OS yang memiliki desain sendiri, berbeda dari UNIX dan Windows. Tetapi sekarang, membuat OS from Scratch bukanlah hal mudah. Mungkin karena hal itulah maka Apple mengadopsi varian BSD pada OS X. Apalagi setelah Apple ditinggal Steve Jobs selama beberapa tahun.

Banyak orang yang mengatakan bahwa Windows sudah uzur (bahkan vista sekalipun). Jika dihitung-hitung Nama Windows ini sudah lebih dari 20 tahun. Lalu bagaimana dengan OS X sendiri? Lebih tua lagi tentunya. Umur windows yang 20 tahun itu, memang benar-benar engine Windows (source code yang ditulis oleh MS sendiri).

to be continued..

Advertisements

4 thoughts on ““Mendewakan” Macintosh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s