Get ready to World IPv6 Launch 2012

World IPv6 Launch adalah implementasi massal IPv6 oleh berbagai ISP dan content provider akan mengaktifkan IPv6 secara permanen pada tanggal 6 Juni 2012. Berbeda dengan event tahun sebelumnya, yaitu World IPv6 Days yang merupakan aktivasi IPv6 sementara selama 24 jam. Beberapa partisipan dalam World IPv6 Launch kali ini antara lain Google, Cisco, Facebook, Yahoo, Akamai, Comcast, KDDI, dan sebagainya. Bahkan Facebook telah mengaktifkan IPv6 dengan menambahkan AAAA record IPv6 mereka 2 minggu lebih awal dari dari World IPv6 Launch [1].

Apakah Web, Content, atau Blog anda sudah siap untuk IPv6?

Implementasi IPv6 pada Website memerlukan infrastruktur data center yang sudah terhubung ke seluruh jaringan IPv6. Tidak semua penyedia hosting dan data center memiliki dukungan terhadap IPv6, baik dari sisi aplikasi atau server maupun jaringan itu sendiri. Salah satu mekanisme aktivasi IPv6 yang ditawarkan oleh produsen network equipment adalah menggunakan IPv6/IPv4 Gateway. Mekanisme ini mirip seperti Server Load Balancing yang melakukan redirection suatu request hostname ke content server di belakangnya.

IPv6 gateway tidak mengimplementasikan IPv6 pada seluruh server, tetapi IPv6 hanya diaktifkan pada frontend. Mekanisme tersebut tidak memerlukan effort yang terlalu besar, namun metode ini sudah memberikan dukungan IPv6 (IPv6 ready)  bagi end-user yang hanya memiliki IPv6 (IPv6 only networks). Beberapa content provider besar pun menerapkan metode ini dalam transisi IPv4-IPv6.

Bagaimana jika infrastruktur sama sekali tidak memiliki IPv6? atau Infrastruktur jaringan IPv6 sudah siap namun OS atau aplikasi tidak mendukung?

Cloudflare menawarkan services IPv6 Gateway pada layanannya. Aktivasi IPv6 yang cukup mudah dan gratis bagi penyedia content. Bahkan blog yang dihosting pada WordPress.com seperti blog ini dapat menggunakan Cloudflare sebagai IPv6 gateway selama kita dapat memanage domain yang dimiliki. DNS server domain milik anda cukup diarahkan ke DNS Server milik cloudflare, sehingga domain anda akan memiliki AAAA record dari Cloudflare.

Hasil IPv6-test.com

Selamat berpartisipasi pada World IPv6 Launch yang tinggal beberapa hari lagi! 🙂

[1] http://www.internetsociety.org/deploy360/blog/2012/05/facebook-now-available-over-ipv6-two-weeks-early/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s