Apakah Mac OS masih bebas Virus?

Barusan saya membaca suatu artikel dari digg mengenai 100 bug pada Mac OS X. Disana dijelaskan bahwa telah ditemukan 100 kelemahan Operating System ini dalam setahun terakhir. Dengan kelemahan yang dimiliki oleh Mac OS apakah Sistem ini masih lebih aman dari Windows?

Jika dilihat dari persentase penggunaan OS di dunia ini, Windows memiliki porsi yang sangat besar. Mungkin karena alasan tersebut para “bad guy” lebih menjelajahi sisi keamanan Windows lebih dalam dan akan memberikan efek destruktif yang lebih besar. Sedangkan Mac OS walaupun memiliki porsi yang lebih kecil, jangan anggap sepele ancaman-ancaman Virus, Malware, Trojan, dsb.

Selain itu, Mac OS memiliki fitur Software Updates yang akan selalu mengupdate sistem securitynya dan akan menambal “hole-hole”. Sehingga dapat dikatakan bahwa untuk saat ini Mac OS cukup aman. Semakin banyak yang menggunakan Mac mungkin akan semakin besar ancaman yang datang.

Beberepa waktu lalu juga telah ditemukan suatu ancaman berupa Worm pada OpenOffice. Seperti yang kita tahu, OpenOffice ini berjalan di berbagai platform mulai dari Windows, Linux, dan MacOS.

Worm tersebut berasal dari suatu OpenOffice (badbunny.org) yang akan menjalankan makro yang berbeda bergantung dari Operating System yang digunakan. Pada Mac OS, worm tersebut akan membentuk dua skrip virus menggunakan bahasa Ruby yaitu badbynny,rb dan badbunnya.rb. Pada Linux worm tersebut membentuk badbunny.py sebagai XChat script dan badbunny.pl sebagai virus Perl.

Tidak ada sistem yang benar-benar bebas dari virus dan malware lainnya. Jika banyak orang berpendapat Mac kebal virus. Pernyataan tersebut 100% benar jika Virusnya adalah virus untuk Windows. Lalu bagaimana dengan Virus atau Malware yang berjalan pada Multiplatform?

Technorati Profile

Advertisements

6 thoughts on “Apakah Mac OS masih bebas Virus?

  1. jadi, makin banyak end-user OS, makin banyak virus nyerang OS tersebut.

    @ipul
    ada gue pul, orang “baru” nih ๐Ÿ˜›

  2. kelebihan dari sistem unix memang user permissionnya sama sistem direktorinya.
    seng ada lawan…
    tapi enakan pake windows pokoknya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s