Digital Art atau “Art in Digital”

Ini merupakan postingan pertama saya tentang seni rupa. Sejak beberapa dekade lalu seni rupa sudah merambah ke dunia digital. Misalnya adalah website, menurut saya ini adalah suatu karya seni digital. Seni yang dicurahkan oleh sang pembuat hanya bisa dinikmati melalui internet browser. Tidak seperti karya seni pada umumnya yang harus dinikmati dengan melihat media fisik (lukisan, patung, seni instalasi, dll).

Website juga adalah curahan ekspresi dari seniman dengan tujuan promosi atau bisnis. Namun, sayangnya website jarang dianggap sebagai suatu karya seni. Mungkin alasannya adalah karena tujuan dari Web itu sendiri sebagai salah satu media periklanan modern. Sayangnya apresiasi orang jarang mengacu pada karya sang seniman ini. Padahal pembuatan website bukan pekerjaan mudah (bagi seniman dan programmer) tentunya. Mengapa? Pertama, ia harus menuangkan karya-nya dalam format digital (template) dan kedua adalah mengimplementasikannya ke suatu program atau script-script web.

Trend seni yang lebih modern lagi adalah digital art. Pada kategori ini curahan ide seniman benar-benar dituangkan dalam media canvas digital melalui berbagai software image editting seperti photoshop menggunakan tools knife, brush, atau bahkan efek-efek lainnya (yang tentunya hanya bisa dilakukan pada media digital). Digital art ini memang dibuat dari media digital yang bertujuan untuk dinikmati oleh orang lain sebagai suatu seni.

Lalu bagaimana dengan seni dalam bentuk digital? seni ini tidak lain adalah fotografi. Foto dari lukisan ini bertujuan untuk dinikmati dalam media digital (layar LCD atau InFocus). Sebagai contoh, misalnya saja adalah lukisan yang telah difoto dalam resolusi tinggi. Tentunya ini akan memudahkan orang yang ingin menikmati seni rupa melalui suatu foto.

Saya sendiri tidak tahu menahu mengenai perkembangan seni rupa sekarang ini. Kebetulan ayah saya adalah seorang seniman (disamping pengusaha), sehingga saya sendiri mungkin memiliki darah seniman. Ayah saya sering mengatakan bahwa ia ingin menikmati foto-foto lukisan dalam layar besar entah LCD atau InFocus. Mungkin sudah ada foto lukisan Monalisa dalam format digital resolusi tinggi. Di bawah ini adalah contoh digitalisasi lukisan Ayah saya. High resolution photo juga tersedia. đŸ™‚

lukisan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s