Malu Berdemonstrasi

Mahasiswa..mahasiswa..Malu lah jika kita bicara korupsi, apalagi sampai Demo gak jelas dipinggir jalan. Sebaiknya anda ngaca dulu. Apakah anda sebagai mahasiswa tidak pernah korupsi? korupsi nilai? korupsi absen? siapa yang mau ngusut? KPK? Hehehe..

Keprihatinan saya ini bermula ketika masih ada orang yang berdemo mengenai kasus Pak Harto setelah beliau meninggal. Beliau dituduh korupsi ini itu sejumlah sekian banyak. Saya juga tidak tahu benar atau tidaknya. Yang jelas ketika sesuatu itu terekspos ke media. Publik dengan mudah menghakimi bahwa hal tersebut benar. Itulah kehebatan mass media Indonesia, semua bisa diatur. Seorang artis bisa naik pamor dalam waktu singkat, bisa juga tenggelam dengan sekejap. Seorang tersangka bisa dijadikan terpidana (sudah terlanjur masuk TV mau apa?).

Dalam pikiran saya bertanya-tanya, sangat mungkin bukan seseorang yang berkuasa selama 32 tahun menjadi sangat kaya? Jadi direktur beberapa tahun aja bisa kaya, apalagi jadi kepala negara.

Saya hanya berpesan kepada rekan-rekan mahasiswa termasuk saya sendiri. Sebelum berdemo mengkritik orang, sudahkah kita bercermin melihat diri kita sendiri? Apakah kita sudah bebas korupsi dalam bentuk apapun? sudahkah kita bisa menghasilkan uang sendiri? sudahkah kita bisa hidup mandiri?

Advertisements

9 thoughts on “Malu Berdemonstrasi

  1. Berkaca pada diri sendiri memang ‘susah’ jadi orang yang bener-bener ‘bener’. Menunggu diri sendiri untuk benar-benar ‘bener’ tidak akan pernah tercapai. Mungkin bukan bermaksud menjelekkan, menjatuhkan, atau bahkan membandingkan. Tetapi ini adalah bentuk kita sebagai warga negara yang memiliki aspirasi untuk dapat didengar dan disalurkan. Ini termasuk salah satu pembelajaran kita sebagai warga negara untuk dewasa dalam berdemokrasi.

  2. Klo mnrt saya demo2 skrg byk anarkisx, bukan hanya ingin menyalurkan pendapat tetapi jg ingin menyalurkan ‘bakat’. Apalagi kalau ujung2x para pendemo dpt duit. Ga bgt deh…

  3. kayaknya kl sekarang kita ini lebih baik jadi negara monarki aja, biar yang demo2 itu langsung disikat, hehe. Atau kayak zaman orde baru jg ok. Jadi orang-orang nggak ngabis2in energi buat demo, mending buat ngerjain sesuatu yg lebih berguna.
    BICARA DENGAN KARYA.

    btw setelah gw liat gw suka dapet traffic dari sini, makasih lho. 🙂

  4. klo menurut gw sih, demo mahasiswa tuh bukan buat mengkritik penguasa, basbang banget di media massa udah banyak, tapi mnurut gw demo mhs harus ngasih tau rakyat banyak bahkan media massa. Mereka butuh media massa bukan pita suara buat teriak…teriak……

    *ngeri dah admin2 itb mikirin negaranya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s