Remembering Steve Jobs

Steve Jobs (1955 – 2011)

Truth to be told, I never met him.

Perkenalan saya dengan Dunia Apple adalah ketika pertama kali menggunakan PowerBook 100 Series sekitar 15 tahun yang lalu (tentunya saat itu saya masih di sekolah dasar). Entah bagaimana Ayah saya dapat mendapatkan Notebook Apple tersebut. Keadaan ekonomi yang mendesak memaksa saya untuk meninggalkan dunia komputer. Hingga akhirnya pada tahun 2006 saya mendapatkan kesempatan untuk memiliki Macbook (First Gen – Early 2006). Kesan pertama ketika menyalakan Macbook 2006 tersebut adalah startup sound yang pernah saya dengar 10 tahun sebelumnya.

Macbook dan OS X

Macbook adalah produk yang sangat bagus dari sisi desain. Begitu juga dengan interface OS X dengan font Lucida, Myriad, dan Helvetica adalah ciri khas Apple. Macbook merupakan perpaduan antara seni desain produk dengan teknologi UNIX (OS X). Tidak heran para desainer, penulis, hingga network engineer menggunakan Macbook. Bahkan ketika beberapa kali saya mengikuti training di Thailand dan Malaysia, semua trainer yang saya temui menggunakan Macbook (mulai dari Macbook, Macbook Pro, dan Macbook Air).

Macbook dan OS X bagi SysAdmin dan Network Engineer dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan, built-in Terminal adalah salah satu alasan mengapa Macbook dipilih. Lalu, mengapa bukan Linux? Bagi saya, linux masih ribet dan ruwet bagi komputer desktop. Tidak adanya standarisasi yang jelas dan distro yang begitu banyak membuat linux bukan alternatif yang baik untuk desktop.

Alasan lainnya adalah typefaces, pemilihan jenis font dan ukuran pada beberapa distro linux masih tidak eye-catching. Belum lagi aspek rendering font yang tidak terlalu smooth pada Linux. Begitu halnya dengan Windows. Berdasarkan pengamatan pribadi, Apple masih menempati urutan pertama pada pemilihan typefaces untuk sistem operasinya. Kenyamanan dalam membaca teks menjadi poin penting dalam memilih sistem operasi. OS X dan Macbook adalah pilihan yang tepat. Semoga Apple terus dapat berinovasi mengembangkan produknya walaupun tanpa Co-Founder dan CEO, Steve Jobs.

Thank you steve!

 

Mac Startup Sound :

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s