Peranan Administrator Bagi Kemaslahatan umat

Kemarin malam saya mengikuti tarawih di Masjid Salman ITB dengan Menkominfo (Bpk. Prof.Dr.Ir. Muhammad Nuh) sebagai penceramah tarawih. Dalam ceramahnya Menkominfo membahas Regulasi Telekomunikasi bagi kepentingan umat (judul tepatnya saya lupa..hehehe). Sebagai pihak yang berwenang, Menkominfo berhak melakukan penyaringan isi berita dari berbagai komunikasi baik cetak maupun elektronik yang salah satunya adalah internet. Rule dan policy penggunaan internet (khususnya public internet service) diatur oleh adminstrator. Biasanya administrator internet ini melakukan content filtering untuk akses web. Tidak hanya pada lingkungan kampus saja, content filtering ini ternyata telah diterapkan di beberapa Warnet. Saya sendiri pernah menemui warnet di jalan sulanjana yang menerapkan sistem content filtering.

Internet bisa menjadi sangat adiktif bila tidak ada sesuatu yang dapat menghentikannya. Saya pribadi mungkin termasuk internet addicted. Sebagai manusia, terkadang kita selalu menunda waktu sholat hingga akhir batas waktu karena keasyikan mengakses internet. Bila lingkungan tempat akses internet ini dekat dengan musholla atau masjid, tidak ada salahnya bukan untuk menghentikan akses internet selama 15 menit? Waktu ini tentu saja digunakan untuk sholat tepat pada waktunya, mengingat sholat tepat waktu ini adalah perbuatan yang paling dicintai Allah SWT. Sebagai perbandingan, kantin tempat menjual makanan saja tutup pada waktu sholat tiba dan baru buka setelah sholat selesai. Urusan perut saja masih bisa ditunda, tapi untuk urusan internet? sedemikian ekstrimnya kah?

Berbagai cara dapat digunakan untuk mematikan akses internet sementara ini. Bisa dengan cara mendownkan network (ifconfig rl0 down??) pada waktu sholat (cara yang cukup ekstrim memang.. :p), firewall yang di-cron, atau acl (access control list) berbasis waktu pada proxy server. Namun, semua cara tersebut masih berupa paksaan dari luar. Akan lebih baik jika sholat tepat waktu dimulai dari diri kita sendiri. Sehingga, menghentikan akses internet sementara ini dapat merupakan ajang latihan bagi kita dalam mendirikan sholat tepat waktu.

Advertisements

10 thoughts on “Peranan Administrator Bagi Kemaslahatan umat

  1. daripada dipaksa dari sisi server, lebih baik dipaksa dari level client.. apa ada ya program yang waktu udah adzan terus mengunci laptop, dan baru terbuka 10 menit kemudian? (gak ada password, client gak bisa ngapa2in kecuali menunggu, ato matiin komputer langsung, yang berakibat hilangnya data saat itu )..

    apa ada ya virus kayak gitu? 😀

  2. @ reza

    pengalaman aja..kalo dari sisi klien, tetep aja klien punya privilege penuh terhadap komputer atau laptopnya.. Tetapi kalo udah dari server atau apa lah, klien kan gak bisa ngapa-ngapain.. sudah bukan privilegenya lagi.. 😀

    Ntar malah keasyikan jebol kunci selama berjam-jamnya..bukannya mendengarkan panggilan sholat.. Hahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s